Thursday, April 6, 2017

Rekomendasi Kuliner Sukabumi di Malam Hari


Terakhir saya ke Sukabumi itu pas saya hitchhike alias jalan-jalan kere menumpang truk untuk ke Gunung Padang via Warungkondang Cianjur. Pulang-pergi saya naik truk dan berjalan kaki sekitar 20 kilometer lagi sebelum akhirnya sampai ke Gunung Padang.

Lalu, perjalanan ekonomis kembali saya lakukan, bedanya kali ini saya ditemani suami. Kami naik motor dari rumah kami di daerah Ciputat, menyusuri Parung sampai Bogor, lalu lanjut sampai Ciawi. Dari Ciawi, kami melanjutkan perjalanan melintasi Caringin, Cibadak, Cicurug, Cibolang dan seterusnya sampai Sukabumi. Perjalanan kami memakan waktu sekitar lima jam. Alhamdulillah semua lancar tanpa halangan, walau kami sempat menginap di hotel kelas melati saking capeknya. :))

Besoknya, kami langsung saja pesan hotel untuk hari Minggu ke Senin via Traveloka. Daripada kami kehabisan kamar, lebih baik book duluan. Beruntung sekali, karena kami dapat harga yang sangat murah. Jadi, biaya perjalanan dan akomodasi bisa kami alihkan ke biaya jajan lucu plus beli oleh-oleh (yang dimakan sendiri). Duh, memang dasar saya dan suami ini udah hemat, pelit pula.

Kami baru sempat wisata kuliner pada malam hari, karena seharian tidur kelelahan setelah pulang dari acara pernikahan teman di daerah Cisaat, Sukabumi. Dan memang setelah mengingat-ingat kali terakhir saya ke Sukabumi, kuliner Sukabumi ada yang masih ramai sampai tengah malam. Akhirnya, saya bersama suami dan kedua teman lain yang bergabung di malam hari, berkeliling Sukabumi dengan motor untuk mencari jajanan lucu nan terkenal dari Sukabumi. Kami berangkat selepas Isya dengan harapan agar tak terkena macet seperti di siang hari.

Berbekal kemampuan ingatan saya akan jalan raya di Sukabumi, dibantu oleh Google Maps dan The Perks of Being a Local Guides on Google, saya pun memulai dari Jalan Selabintana. Kebetulan kami mau membeli oleh-oleh dulu, jadi kami memutuskan ke Mochi Lampion yang terkenal di gang Kaswari. Kalau teman-teman mau jalan-jalan malam hari sambil checkpoint kuliner Sukabumi, teman-teman bisa mengikuti trayek kami di bawah ini. Untuk lokasi checkpoint, saya kasih underline ya.
Hotel Sparks Odeon - Jl. Nyomplong - Jl. A. Yani - Jl. Bhayangkara - Gg. Kaswari - Mochi Lampion - Jl. Bhayangkara - Jl. Surya Kencana - Jl. R. E. Martadinata - Foodcourt Selamat - Jl. Siliwangi - Jl. A. Yani - Sekoteng Singapore - Jl. Gudang - Bandros Atta

1. Mochi Lampion

Mochi Lampion adalah salah satu kios dari sentra oleh-oleh Sukabumi di gang Kaswari yang terkenal. Mochi yang dijual banyak varian rasa. Jika selama ini yang kita tahu kalau mochi hanya berisi kacang saja, di Mochi Lampion, kita akan menemukan varian mochi berisi keju, selai sarikaya, durian, cokelat, blueberry, dan rasa lainnya. Di sini juga ada testernya bagi yang masih ragu untuk membeli. Nah, kemarin itu saya agak kurang tahu malu juga sih, karena saya makan testernya banyak gitu sama suami. Emang dasar kami ini agak rakus gitu sama makanan enak, jadi suka khilaf deh. :))

Suami lagi nyemilin mochi tester.

Tapi serius deh! Mochi di sini enak banget. Teksturnya lembut dan kenyalnya nggak kayak mochi seharga limaribuan yang biasa kita beli di pinggir jalan Puncak atau Cibadak. Karena di sini memang pusatnya oleh-oleh khas Sukabumi, pembuatannya juga pasti mementingkan kualitas. Dan buat yang nggak suka mochi, ada juga oleh-oleh lainnya. Selain mochi, waktu itu saya juga beli bola-bola susu khas Sukabumi. Setelah beli oleh-oleh, lanjutlah saya ke checkpoint selanjutnya.

2. Sentra Kuliner Sukabumi - Toserba Selamat

Sebenarnya sentra kuliner di Toserba Selamat ini cuma kayak foodcourt biasa aja sih. Tapi, di sini bisa jadi pilihan kuliner Sukabumi karena ada 43 gerobak makanan yang tersentralisasi untuk pembayarannya. Kita pesan di penjual makanan yang kita mau, lalu bayar di kasir. Sistem ini dibuat supaya nggak ada kecurangan dan supaya si penjual fokus saja pada pembuatan makanan, tidak terganggu dengan penghitungan kas atau keuangan karena yang mengatur adalah pihak dinas UKM dari Sukabumi gitu deh. Selain itu, di sini kita nggak akan menemukan gerobak yang sama. Jadi, akan ada 43 gerobak kuliner Sukabumi yang bisa kalian nikmati. Hal ini, katanya sih, supaya masing-masing gerobak nggak saling saingan dan saling menjatuhkan dagangan tetangganya kalau ada yang sama.

Sentra kuliner Toserba Selamat.
Wah, baik banget ya? Tapi, memang Sukabumi ini jadi salah satu kota yang mengangkat derajat para penggiat UKM sih. Jadi, banyak tempat oleh-oleh, tempat makanan, dan tempat wisata yang kini makmur.

3. Sekoteng Singapore

Ini dia nih, salah satu legenda kuliner Sukabumi. Sebenarnya saya sendiri nggak tahu kenapa namanya Sekoteng Singapore. Apakah karena mereka berasal dari Singapore? Atau bahan-bahannya yang diimpor? Nggak ngerti juga sih. Yang jelas, tempat jualannya kecil gitu, hanya satu ruko dan di dalam ada tempat makannya juga. Tapi, karena antriannya yang selalu mengular, di luar disediakan kursi dan meja pendek. Tepatnya sih di luar itu ya di trotoar. Tapi karena nggak banyak yang berjalan di trotoar ini, jadi banyak yang nongkrong juga nggak masalah. Di sini ada beberapa varian sekoteng, yaitu yang jahe murni dan yang pakai pandan. Isian sekotengnya juga banyak. Ada kacang, roti, biskuit jahe, biskuit panjang, kolang-kaling, mutiara, agar-agar, ketan (masih agak gigih jadi enak), dan anyeli (?). Sebenarnya saya nggak tahu anyeli ini sejenis apa, tapi yang jelas ini bagian paling enak dari Sekoteng Singapore. Buat yang cari Sekoteng Singapore, lokasinya persis di pertigaan menuju jalan Gudang, dari arah jalan Ahmad Yani. Pokoknya pas belokan, pas lampu merah. Bagi yang ingin mencoba kuliner Sukabumi yang satu ini, lebih baik datang secepat mungkin soalnya ngantri panjang terus nih.

4. Bandros Atta

Nah, di jalan Gudang ini ada Bandros Atta. Jadi, kalau masih belum kenyang minum sekoteng, teman-teman bisa langsung menyeberang ke lokasi kuliner Sukabumi selanjutnya, yaitu Bandros Atta yang ada di kanan jalan Gudang (jalannya ini satu arah jadi kanannya tentu aja dari arah Ahmad Yani ya).

Buat yang belum tahu bandros, di daerah Sunda sendiri, bandros ini adalah makanan yang dibuat dari adonan kelapa parut, santan, tepung beras, dan sedikit garam. Dimasaknya itu di cetakan yang bentuknya sama dengan cetakan kue pancong. Mungkin kalau di Jabodetabek, orang lebih mengenal pancong. Nah, kue bandros kurang lebih seperti itu bentuknya, hanya agak lebih gurih daripada pancong.

Tempat ini juga sama melegendanya seperti Sekoteng Singapore. Bandros Atta sudah berdiri dari tahun 1973 dan tempat jajanannya juga tetap kecil, sama seperti Sekoteng Singapore. Inilah yang bikin guyub, karena baik Bandros Atta maupun Sekoteng Singapore tetap mempertahankan kearifan lokal dan nuansa merakyat dengan tidak menambah space. Ya walaupun space kecil, tetap aja kan yang beli banyak. Bener nggak?

5. Bubur Odeon

Kuliner Sukabumi yang satu ini sebenarnya nggak dimakan pas malam-malam, karena kalau malam udah tutup. Jadi, ini sekedar tambahan aja. Bubur Odeon ini pas banget ada di sebelah Hotel Sparks Odeon, Jl. Pajagalan. Seporsi bubur lumayan mahal juga. Kalau buburnya dicampur itu sekitar Rp 17.000 per porsi. Sedangkan, kalau buburnya dipisah dengan tambahan sayur asin dan ayam kampung, harganya jadi Rp 26.000 per porsi. Wajar aja sih, soalnya porsi bubur ini lumayan banyak. Dan bubur ini juga udah buka dari jaman dulu banget. Sebagai salah satu bubur Cina yang ada di Sukabumi, untungnya Bubur Odeon ini udah ada sertifikasi halalnya. Jadi, buat kawan-kawan Muslim yang pengen mencoba bubur Cina dan pas ada di Sukabumi, bisa nih mampir ke Bubur Odeon karena udah halal, bro! *Kayak aku dan kamu~ Yha~
Kira-kira, itulah sekelumit rekomendasi kuliner Sukabumi yang wajib banget teman-teman coba kalau lagi ada di Sukabumi. Jadi, nggak usah lagi deh nongkrong di tempat fancy. Haha. Ya, masa sih jauh-jauh ke Sukabumi tapi yang dicari itu kafe melulu? Cobain deh ke tempat-tempat di artikel ini, dijamin teman-teman akan mendapatkan suasana lain dari tongkrongan yang menyajikan kuliner enak dan yang pasti, murah meriah.

Selamat jajan!

Wednesday, March 8, 2017

Nikmatnya Es Durian Iko Gantinyo Serpong

Saya termasuk orang yang menggemari buah durian berikut varian olahannya. Seperti surabi duren yang pernah saya bahas di sini, atau varian durian lain, misalnya es cendol durian. Nah, salah satu varian durian yang ingin saya coba itu es durian yang 'duren banget'. Sejauh ini, setiap saya memakan es durian atau sop durian, pasti masih berbiji dan daging duriannya sedikit. Rasanya rugi saja gitu, kalau makan durian tapi nggak ada rasa duriannya sama sekali. :))

Dulu sebelum menikah, suami saya sering cerita tentang es durian yang enak dan terkenal di Padang. Ternyata, es durian yang diceritakan ini sudah punya cabang di daerah Serpong. Jadilah waktu kami sedang jalan-jalan di sekitar Serpong, suami mengajak saya mampir ke es durian yang klaimnya enak banget ini, Es Durian Iko Gantinyo.

Berlokasi di Ruko Bolsena Blok C No. 19, Jalan Raya Bouleverd, Gading Serpong, Iko Gantinyo buka dari pukul 09.00 sampai dengan 22.00. Nah, waktu pertama kali datang ke lokasi, memang agak sepi karena berada di daerah ruko yang kalau buat saya sih jauh. Kenapa jauh? Karena tidak ada kendaraan umum yang melintas. Beginilah memang daerah Gading Serpong dan sekitarnya. :))

Es Durian Iko Gantinyo

Saya penasaran dengan es duren yang disajikan. Apakah sama seperti sop duren pada umumnya yang menjual biji duren, bukannya es duren? Hahaha. Waktu saya melihat menu, saya jadi bingung sendiri mau pesan apa. Suami sih langsung memesan es duren spesial. Karena bingung, saya mau yang pokat. Penasaran juga, saya tanya pokat itu apa? Dan ternyata, pokat itu maksudnya buah alpukat. Baiklah, saya pesan saja es duren pokat.

Tak sampai sepuluh menit, es duren pun tiba. Dan ketika melihat tampilannya, sangat menggugah sekali. Es duren di Iko Gantinyo tidak disajikan seperti es duren atau sop duren pada umumnya yang menaruh buah duren bulat-bulat di dalam gelas atau mangkuk. Es duren di sini sudah berupa buah durian yang diblender dan menjadi pasta. Kalau menurut analisis saya, ini merupakan trik jitu untuk menghemat biaya produksi dari penggunaan buah durian. Kalau disajikan bulat-bulat dalam bentuk buah, produsen tidak bisa menaruh terlalu banyak buah durian karena harga jual akan jadi tinggi, sedangkan daging buah duriannya sedikit. Nah, kalau sudah berbentuk seperti pasta begini, rasa manis buah bisa ditambahkan dengan pemanis, lalu kadar durian bisa dicampur dengan air atau sirup lainnya agar lebih banyak. Meskipun sudah menjadi pasta, tekstur dan rasa durian akan tetap ada.

Yummy~

Kami pun menyantap 'es durian nan sabananyo' ini sembari menumpang update apps di telepon genggam. Haha! Selain untuk makan es durian, Iko Gantinyo juga enak buat tempat nongkrong dan ngobrol-ngobrol bersama teman. Ada wifi juga untuk mendukung pekerjaan kita. Buat yang tidak suka durian, bisa juga memesan menu minuman lain dan makanan.

Sekitar setengah jam kemudian, ada pengunjung lain. Mereka memesan pempek. Karena saya kabita alias kepingin, saya pun memesan pempek 5 butir yang berisi pempek campuran. Kuah cuko yang disajikan hanya sebanyak satu mangkuk kecil, dengan topping parutan ebi dan lada yang sudah halus banget. Nah, jadilah kami memakan pempek dengan cara mencelupkan pempek ke cuko lalu dicocol ke ebi halus. Hmm, yummy!

Pempek Cuko

Sebelum pulang, kami sempat melihat mobil dengan plat BA yang sedang loading barang dan bahan makanan. Apakah bahan-bahan untuk menu yang dijual di Iko Gantinyo ini didatangkan langsung dari Sumatera Barat? Hmm, jadi penasaran. Tapi, berhubung waktu sudah terlalu sore, saya dan suami pun memutuskan pulang tanpa sempat bertanya-tanya lebih jauh.

Sebenarnya masih ingin makan es durian yang lainnya, tapi berhemat dulu lah ya. Nanti coba lagi menu lainnya kalau datang lagi ke sini. Lagipula masih banyak waktu. :))

Nah, buat penggemar durian, selamat mencoba varian durian di Iko Gantinyo! Es Durian Nan Sabananyo~

Info Iko Gantinyo

Alamat: Ruko Bolsena Blok C No. 19, Jalan Raya Bouleverd, Gading Serpong, Curug Sangereng, Klp. Dua, Tangerang, Banten 15810, Indonesia
Telepon: +62 21 29670028
Kisaran Harga: Rp 10.000 - 35.000 (minuman), Rp 10.000 - 30.000 (makanan)

Friday, March 3, 2017

Main Congklak dan Ngopi Santai di Kopi Djongko Cimahi

Kopi Djongko
Buat kalian yang doyan ngopi dan kebetulan bertempat tinggal di Cimahi, sekarang udah nggak usah jauh-jauh lagi ke Bandung cuma buat ngopi-ngopi lucu di tempat yang juga lucu dan instagram-able. He~

Kalau biasanya, pilihan untuk ngopi yang ada berbagai metode brewing dengan biji kopi pilihan Nusantara hanya ada di Bandung, kini buat yang berdomisili di Cimahi, bisa langsung aja mampir ke salah satu kedai kopi yang menawarkan berbagai makanan plus minuman dan pastinya kopi. Kedai ini namanya "Kopi Djongko", berada di kiri Jalan Raya Jenderal Amir Machmud, menuju arah Padalarang. Tepatnya, berada di samping PLN Cisangkan.

Nah, menu di Kopi Djongko ini beragam, meski nggak bisa dibilang makanan berat. Makanannya hanya sebatas cemilan untuk menemani kalian minum mojito atau kopi. Untuk pilihan kopinya sendiri ada banyak. Ada kopi yang sudah diracik ala Italia seperti Latte, Cappucino, Mochacino, Americano, dan lain-lain. Selain itu, ada juga kopi-kopi single origin dengan varian biji kopi dari berbagai daerah Nusantara dan teknik brew yang macam-macam, mulai dari V60, vietnam drip, french press, ibrik, dan lain-lain. Sayang sekali tapi, waktu saya mampir ke sini, beberapa varian kopi yang enak sedang kosong, jadilah saya hanya pesan Latte dan suami saya pesan Piccolo. Untuk cemilannya, kami pesan kentang mozarella dan onion rings. Semuanya waktu itu nggak lebih dari 60.000 rupiah. Murah meriah dan bisa ngopi enak! :D

Sambil melihat-lihat menu dan menunggu pesanan, entah kenapa saya jadi ingin mencoba berbagai macam minuman segar yang ada di menu, seperti semacam cocktail dan mojito, juga squash dan shakes. Duh, rasanya pengen jajan terus. Tapi, mengingat waktu sudah malam, jadilah kami memesan kopi dulu, baru nanti kapan-kapan akan mampir lagi memesan menu lainnya.

Board Game
Nah, satu hal yang unik, selain lokasinya yang cocok banget buat foto-foto dan masuk instagram, Kopi Djongko juga menyediakan berbagai macam board games, yang bisa kita mainkan untuk lawan seorang, atau rame-rame sama teman. Contohnya, waktu itu saya dan suami main congklak yang udah lama juga nggak pernah kami mainkan. Terus, ada juga Uno, catur, monopoli, ular tangga, dan Uno Stacko yang mainnya itu menyusun brick sampai tinggi lalu diambil dari tengah tanpa jatuh. Nah, board game seperti ini keren juga kalau ada di suatu kedai tongkrongan, karena situasi nongkrong sama teman jadi lebih kondusif. Dengan board game seperti ini, bisa meminimalisir acara tongkrongan yang lebih disibukkan sama gadget masing-masing. Jadi, quality time kita jadi lebih berkualitas pastinya.

Jadi, buat kalian yang ada di Cimahi, mau ngopi sekarang sudah nggak perlu jauh-jauh ke Bandung, cukup jalan ke arah Cisangkan dan lihat di kiri jalan, ada Kopi Djongko.

Pssst! Kadang, Kopi Djongko juga bagi-bagi special treatment lho buat pengunjung. Seperti makanan gratis atau minuman gratis. Jadi, dicoba aja, siapa tahu pas kalian kebagian gratis.

Info Kopi Djongko
Instagram: @kopi_djongko
Twitter: @kopi_djongko
Facebook: Kopi Djongko
Alamat: Jl. Raya Jenderal H. Amir Machmud No 667, (Samping PLN Cisangkan), Kel. Padasuka, Kec. Cimahi Tengah, Padasuka, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40526, Indonesia
Telepon: +62 819-0247-7044
Kisaran Harga: Rp 10.000 - 25.000 (minuman), Rp 9.500 - 25.000

Monday, February 20, 2017

Persiapkan Bekal Perjalanan dan Santai Akhir Minggu Bersama Alfamart

sumber gambar: Situs Alfamart
Weekend adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang, karena di akhir minggu ini kita bisa meluangkan waktu untuk berlibur bersama keluarga atau sahabat kesayangan. Selain menikmati liburan di rumah, beberapa orang juga memutuskan untuk berlibur ke tempat-tempat wisata yang bisa menghilangkan penat dan membuat pikiran jernih kembali setelah satu minggu beraktivitas padat dan bekerja. 

Selain bisa menghilangkan penat, perjalanan bersama keluarga dapat mempererat silaturahmi dan kebersamaan sehingga tidak alasan bagi anggota keluarga untuk merasa terkucilkan. Perjalanan dengan keluarga dan teman juga memberikan sisi positif dan mengurangi beban stres setelah seminggu penuh menghabiskan waktu di kantor atau sekolah. 

Meski ditunggu-tunggu, terkadang akhir minggu secara tidak langsung menjadi sedikit lebih menakutkan, karena biasanya tempat wisata sangat ramai dikunjungi oleh para keluarga dan sahabat yang ingin berlibur. Kemacetan panjang dan kepadatan lalu lintas menuju tempat wisata juga menjadi salah satu alasan mengapa orang malas berlibur. Padahal, setelah sampai tempat liburan, semua kepenatan akan macet itu dapat hilang seketika. Selain malas menghabiskan waktu macet, hal kedua yang membuat orang malas pergi wisata sekalipun tempatnya dekat adalah karena tempat makan dan kuliner sudah pasti akan penuh. 

Tapi, seharusnya hal sepele macam itu tidak menjadi kendala dalam berlibur. Kalau melihat kepiawaian para pendaki dalam memasak dan menyiapkan makanan sendiri saat berlibur atau mendaki gunung, seharusnya kita dapat melakukannya juga, lho! Masak memasak adalah hal yang sebenarnya mudah dilakukan dan juga menjamin makanan kita lebih bersih. Jadi, tidak alasan sakit perut atau kelaparan saat berwisata. 

Malas beli bahan makanannya? Tentu saja itu juga bukan alasan karena kita bisa membelinya di minimarket dekat rumah sebelum berangkat wisata. Untuk meminimalisir macet dan lapar di perjalanan, kita bisa menyiapkan bekal dan segala jenis makanan yang bisa didapat dengan mudah dari minimarket. 

Nah, beruntung sekali, karena setiap weekend, Alfamart memiliki program JSM atau Jum’at, Sabtu, Minggu! Promo JSM ini adalah promo yang ada setiap akhir minggu, selama tiga hari dan biasanya katalog alfamart terbaru tak luput dari promo ini. Selain banyak makanan yang promo, bahan makanan dan sembako juga sudah pasti mendapat harga promo. Kita tidak perlu khawatir, karena yang ada pada promo JSM ini sudah pasti merupakan katalog alfamart terbaru, yang sudah dijamin kualitas dan kondisinya. Kita tidak perlu mengkhawatirkan barang-barang dan proses penyimpanannya di gudang, karena alfmart hanya menampilkan katalog alfamart terbaru pada promo JSM yang berbeda-beda di setiap minggunya. 

Jadi, tidak alasan untuk malas-malas menghabiskan waktu berharga bersama keluarga atau sahabat ya, teman? Karena keluarga dan sahabat adalah satu-satunya orang yang pasti menerima keluh kesah kita setelah satu minggu penuh berkutat dengan pekerjaan dan kegiatan yang melelahkan, sudah pasti menghabiskan waktu dengan mereka akan mengurangi kepenatan kita selama satu minggu. 

Kalau masih malas, bagaimana? Ya cukup tidak usah berwisata atau berjalan-jalan karena kita bisa juga menghabiskan akhir minggu dengan menonton di rumah, bersantai, atau sekedar membaca buku. Jangan lupa siapkan cemilan dan minuman segarnya juga, agar bersantai di rumah tetap menyenangkan. Semua kebutuhan yang dibutuhkan untuk bersantai di rumah, tentu saja bisa didapatkan dari katalog alfamart terbaru yang selalu di-update dalam situs promo alfamart maupun di toko alfamart yang sudah tersebar di dekat lokasi tempat tinggalmu. 

Jadi, nggak ada alasan atau keluhan lagi ya, karena akhir minggu bisa tetap kamu habiskan dengan berbagai cara dan kegiatan positif yang menyenangkan.

Wednesday, February 15, 2017

Traveling Kece Bersama Kipling

Tahun baru 2017 sudah terlewat dua bulan. Kira-kira apakah resolusi dari transisi tahun 2016 ke 2017 sudah ada yang tercapai atau sudah mulai perlahan dicicil?  

Salah satu resolusi yang mungkin ada di sebagian resolusi beberapa orang mungkin untuk berkeliling Indonesia atau berkeliling dunia tanpa sedikitpun merasa cemas. Traveling memang obat stres, dan traveling bisa juga dilakukan dengan cara-cara yang sangat menyenangkan. 

Kipling Experience BP
Kalau melihat beberapa bulan atau tahun ke belakang, saya banyak traveling ke tempat yang tinggi, yaitu gunung dan pegunungan. Lama-lama saya agak bosan, karena cuaca yang tidak menentu membuat perjalanan naik gunung jadi berisiko. Memang sih, dari dulu naik gunung itu kegiatan yang berisiko, tapi saya sudah memutuskan untuk gantung carrier gunung saya untuk sementara. Sekarang, saya lebih banyak menghabiskan waktu untuk traveling di kota-kota yang menyimpan sejarah atau ke tempat yang terdekat saja. Karena stres bisa datang tiba-tiba, jadi traveling ke tempat yang dekat juga cukup menyembuhkan stres. 

Karena sudah gantung carrier, butuh tas yang ukurannya lebih kecil tapi fungsional. Selain itu, tas atau ransel ini harus awet dan berkualitas pastinya, karena kalau traveling dengan berjalan kaki pasti akan membawa perlengkapan pendukung seperti kamera, buku catatan dan alat tulis, juga bekal makan siang supaya tidak jajan. Tapi, ransel atau tas yang diajak jalan-jalan ke kota ini haruslah tetap kece dan keren, supaya tidak terlihat seperti orang pindahan rumah seperti saat naik gunung dahulu. 
Kipling City Pack S

Nah, untungnya ada tas yang sudah pasti kece dan semuanya kenal, yaitu tas travel tote, tas ransel yang muat untuk laptop, bahkan tas kece lainnya dengan gantungan primata seperti yang terdahulu. Primata lucu ini tidak pernah luput dari setiap desain Kipling, karena dia sudah seperti brand ambassador-nya Kipling. Nah, dengan gantungan primata lucu ini, perjalanan mengelilingi kota-kota unik dan bersejarah pun jadi makin menyenangkan.
Kipling. Sekarang, tas Kipling memproduksi banyak lagi ragam tas, mulai dari

Tapi, dengan maraknya toko online dan kasus pembajakan produksi tas Kipling, sekarang rasanya agak susah mendapatkan tas Kipling yang asli dan berkualitas. Kadang-kadang, kalau beli di toko online dengan harga mahal tapi ternyata tasnya itu bukan Kipling asli. Baru beberapa bulan pakai, sudah rusak lagi. Nah, kan jadi tidak asyik kalau sudah beli tapi ternyata palsu. 

Untungnya, sekarang Kipling juga mendistribusikan tas Kipling asli dan berkualitas melalui situs jual beli yang terkenal dengan nama Map E-mall. Di sini, kita bisa mendapatkan tas Kipling asli dan berkualitas juga tanpa tipu-tipu. Selain itu, macam-macam model tas Kipling juga ada di sana. Kita tinggal pilih saja tas yang ingin dibeli dan tas Kipling yang asli dengan warna yang sesuai di katalog Map E-mall pun akan dikirim ke alamat yang diinginkan. Mimpi buat jalan-jalan melepas stres sambil tetap gaya pun bisa terwujud. 

Tas Kipling dengan gantungan primata yang iconic ini sekarang bisa didapatkan melalui Map E-mall. Kita jadi tidak perlu khawatir lagi dengan keaslian dan kualitas tas Kipling yang kita beli, karena di Map E-mall, barang yang dijual sudah terjamin keasliannya dan kualitasnya. Selain itu, harganya bukan harga tipu-tipu. Jadi, kita tidak perlu khawatir untuk tampil gaya dengan harga yang sepadan.  

Nah, buat yang ingin menambah koleksi tas Kipling asli dan berkualitas, bisa langsung saja cek ke situs Map E-mall. Di sana, koleksi tas Kiplingnya lebih banyak dari yang ada di official store Kipling. Selamat berbelanja dan tampil kece!

***

Sumber gambar: Mapemall.com

Monday, February 13, 2017

5 Keuntungan yang Bisa Diperoleh ketika Solo Travelling

Sudah sangat ingin berlibur, tapi masih kesulitan mencari teman yang bisa diajak pergi bareng? Jangan sampai hanya karena tidak ada teman, rencana untuk menjelajahi beragam tempat yang sudah kamu impikan jauh-jauh hari jadi batal begitu saja. Jika memang tidak ada teman yang dapat kamu ajak untuk berpelancong baru karena masalah waktu dan lain hal, tidak ada salahnya kamu mencoba pengalaman baru dengan melakukan solo travelling.
 
Meskipun belum terlalu populer, nyatanya banyak orang yang kerap melakukan solo travelling karena berbagai alasan, loh. Salah satunya tentu saja sama sepertimu, tidak menemukan teman seperjalanan yang tepat guna berlibur saat itu. Alih-alih membosankan, gaya berlibur yang satu ini nyatanya dapat memberikanmu banyak keuntungan yang sulit kamu jumpai ketika berlibur ramai-ramai bersama kerabat maupun sahabat.
 
Namun, satu  yang harus kamu ingat sebelum memutuskan solo travelling, yakni buatlah semuanya menjadi lebih mudah dan jangan ribet. Termasuk saat kamu membeli tiket kereta api maupun mencari penginapan. Nah, alangkah lebih baiknya kalau kamu menggunakan website Traveloka guna kepastian dan kemudahan yang memperlancar liburanmu. Dengan membeli tiket kereta maupun booking kamar hotel melalui Traveloka, kamu juga akan lebih senang karena mendapatkan harga yang jujur dan bebas biaya administrasi. Dengan segala kemudahannya, kamu tidak akan terlalu kebingungan ketika menjelajah kota tujuan seorang diri. Dengan begitu, kamu pun akan lebih mudah merasakan lima keuntungan dari kegiatan solo travelling ini. 
 
1. Bebas Menentukan Objek yang Mau Disinggahi 

Sumber Gambar: whstatic.com
Saat bepergian beramai-ramai, terkadang kamu berlapang dada saat ada satu objek yang sangat ingin kamu singgahi tidak terpilih dalam jadwal bersama teman-teman seperjalananmu. Bisa jadi, ini karena sebagian besar dari teman perjalananmu lebih memilih objek lain yang dianggap lebih menarik guna dikunjungi. Ketika kamu memutuskan untuk solo travelling, kamu tidak perlu merasakan kekecewaan seperti itu karena kamu bebaskan menentukan objek apa saja yang akan kamu singgahi, tanpa intervensi siapa pun tentunya. Kamu pun akan pulang dengan puas dari destinasi wisata tersebut sebab beragam tempat keren yang kamu impikan menjadi terwujud guna didatangi.
 
2. Lebih Fleksibel  
Meskipun seru karena melakukan perjalanan beramai-ramai, ada kalanya kamu menjadi sangat kesal dengan teman seperjalanan karena masalah waktu dan rencana kegiatan. Contohnya, kamu yang sulit untuk bangun pagi dipaksa untuk berjalan sedari pagi untuk bisa memuluskan rencana hari itu mengunjungi beragam objek wisata yang ada dalam daftar perjalanan kalian. Atau bisa jadi, justru kamu yang gondok karena persiapan teman perjalananmu yang lelet sehingga dianggap menyia-nyiakan waktu. Hal ini tidak akan kamu rasakan jika melakukan solo travelling.  Karena seorang diri, tentu saja kamu lebih fleksibel mengatur waktu maupun beragam kegiatan yang akan kamu lakukan saat liburan. Ya, perjalananmu adalah sepenuhnya milikmu!
 
3. Mendapat Teman Baru
 
Ketika pergi berwisata beramai-ramai, teman perjalananmu adalah duniamu. Interaksimu akan cenderung berkutat kepada mereka hingga kerap tidak memedulikan orang-orang di sekitarmu. Berbeda ketika kamu melakukan solo travelling. Kamu akan lebih menyadari keberadaan orang-orang asing di sekitarmu sebagai bentuk kewaspadaan maupun rasa ingin tahu. Dengan demikian, kemungkinan bagimu untuk mendapatkan teman baru di liburanmu kali ini akan lebih besar. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri.
 
4. Meminimalkan Kemungkinan Drama 

Pergi bersama-sama berarti pergi dengan banyak kepentingan. Ada kalanya dalam perjalanan liburan bersama teman-teman, ada salah satu kepentingan yang terusik hingga menyebabkan pertengkaran yang kerap berujung drama, seperti melakukan aksi tutup mulut seharian maupun menangis berbarengan. Alhasil, harimu menjadi terasa menyebalkan dan kamu menjadi kurang dapat menikmati perjalanan liburanmu. Karena pergi sendiri, drama-drama seperti itu hampir tidak mungkin kamu jumpai dalam solo travelling-mu. Kalaupun ada drama, biasanya itu hanya berkutat di suasana hatimu. Untuk hal ini, makanan dan panorama cantik dijamin akan cepat membuat suasana hatimu kembali membaik.
 
5. Lebih Independen dan Belajar Mandiri 

Foto: Dokumentasi Pribadi
Melakukan solo travelling berarti kamu mempertaruhkan perjalananmu kepada diri sendiri. Hal ini berarti satu-satunya yang dapat kamu andalkan adalah dirimu sendiri. Mulai dari membuat jadwal kunjungan, mencari objek wisata, hingga membeli tiket kereta api dan memesan kamar hotel harus kamu lakukan semuanya sendirian. Untunglah sekarang ada Traveloka yang akan sangat membantumu melakukan beragam kesibukan tersebut sehingga beban perjalananmu lebih ringan. Di balik itu semua, melakukan segala persiapan liburan dari awal sampai akhir secara seorang diri tentunya membuatmu lebih independen. Kamu akan lebih mandiri sebab kamulah penentu sukses atau tidaknya liburanmu. Dari solo travelling, sikap mandiri itu juga akhirnya bisa kamu aplikasikan di kehidupan sehari-hari. 
 
Dengan melihat beragam keuntungan dari solo travelling di atas, masih tidak tertarik untuk mencoba berlibur seorang diri? Yakin? Pasti jawabannya tidak, 'kan? Soalnya sekarang kamu siap untuk melakukan perjalanan, meskipun teman-temanmu sedang tidak bisa menemanimu liburan. 

Saturday, February 4, 2017

How Amazing Japan: Impian Liburan ke Jepang yang Keren!

Sejak SMP, saya senang mendengarkan musik gubahan L'Arc-en-Ciel, grup musik asal Jepang yang beranggotakan Hyde, Tetsu, Ken, dan Yukihiro. Dan dari sana, saya mulai mengeksplorasi dunia musik Jepang berikut dengan kultur pop dan budaya Jepang yang bisa mendunia.

Jepang itu bisa dibilang sangat menguasai dunia dari segi kultur pop dan hiburannya, mulai dari anime, musik, idol group, wisatanya, makanan, manga, dan segudang hal keren yang membuat orang ingin liburan ke Jepang, tanpa terkecuali saya.

Dari dulu, saya punya mimpi untuk bisa menginjakkan kaki di Jepang, dan melihat langsung bagaimana negara tersebut bisa menjadi sangat keren dengan sebutannya sebagai Negeri Sakura. Banyak tempat-tempat keren yang wajib dikunjungi kalau nanti saya berkesempatan untuk ke Jepang. Saya juga ingin melihat dan berbaur langsung dengan aktivitas masyarakat di Jepang, yang kalau lihat di Shibuya Crossing aja sangat-sangat sibuk. Rasanya bagaimana ya kalau ada di tengah-tengah orang Jepang? Hehe.

Ada beberapa tempat yang ingin saya kunjungi jika nanti ke Jepang, salah satunya adalah Harajuku, di mana kita bisa melihat musisi jalanan beraksi dengan gaya visual kei atau yang kita kenal dengan sebutan gaya 'harajuku'-nya. Itu lho, gaya pakaian yang aneh den nyentrik, memadupadankan berbagai aksesori pelengkap. Di sana, orang yang suka dengan kultur harajuku tak tanggung-tanggung berdandan. Bahkan dalam visual kei ada para lelaki yang bisa berdandan melebihi perempuan. Hal ini masuk dalam salah satu ketertarikan saya akan kultur dan seni di Jepang.

Selain itu, dari dulu saya ingin banget lihat secara langsung yang namanya Gunung Fuji, Menara Tokyo, dan Shibuya Crossing, karena selama ini hanya lihat tempat itu dari komik atau dari dorama Jepang yang saya tonton sampai diulang-ulang. Hiks, ingin banget ke Jepang!

Dan karena Jepang adalah Negeri Sakura, maka tak afdol rasanya kalau saya tak menyaksikan bunga Sakura yang sedang mekar di musim semi. Biasanya ketika musim tersebut, ada festival yang sering disebut Hanami. Saat piknik Hanami ini, kita duduk-duduk di atas tikar, membawa bekal, dan duduk di bawah pohon Sakura yang sedang mekar. Uh, kayaknya romantis banget. Cuma, katanya kalau kita mau ke Jepang ketika bunga Sakura sedang indah-indahnya, ini termasuk peak season dan harga paket wisata sedang tinggi-tingginya. Nah, beruntung deh! Kenapa? Karena HIS Travel Indonesia (Hisgo) menyediakan paket "Wisata ke Jepang" yang harganya bikin saya ngiler. Terus, ada juga paket eksklusif sudah termasuk penerbangan, transportasi, dan hotel di Jepang yang disebut HAnavi. Semuanya hanya ada di Hisgo! Duh, saya jadi ingin segera membobol tabungan untuk beli paket wisata itu. Haha!

Kabar menyenangkan lainnya, HIS Travel Indonesia juga lagi bikin Blogger Competition bertajuk #HISAmazingSakura, di mana kalau beruntung, kita bisa jalan-jalan ke Jepang saat musim Sakura nanti secara GRATIS!
Subarashi desu! Amaaaziiing! Kereeen!

Caranya sih gampang. Nah, kita tinggal ceritakan tentang "How Amazing Japan" menurut kita. Kenapa sih Jepang begitu keren sampai-sampai kita ingin ke sana. Pastinya banyak dong alasan yang membuat kita ingin banget ke Jepang dan banyak banget hal yang ingin dilihat kalau nanti kita main ke Jepang. Info lengkap tentang kompetisi ini, bisa langsung ke situs HIS Travel di sini.

Selain itu, buat kamu yang mau cek-cek paket apa saja yang disediakan sama Hisgo dan langsung jalan-jalan sekarang juga, bisa ke tautan di bawah ini:

Sekarang saatnya supaya kita nggak cuma bisa bermimpi ke Jepang. Saatnya kita mewujudkan impian jalan-jalan ke Jepang yang keren banget ini. Dan jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati festival Sakura yang romantis sama teman, pacar, suami, keluarga, atau siapapun yang mau kalian ajak, karena kalau sama Hisgo, liburan ke Jepang jadi makin menyenangkan!