Thursday, December 29, 2011

Menulis Novel dalam Satu Bulan, Apakah Bisa?

Saya sedang nekat. Benar-benar nekat. Pekerjaan yang membuat saya menjadi seorang robot gedeg seperti sekarang ini, membuat pikiran dan kinerja hipokampus saya menjadi beku! Mati dan sulit untuk difungsikan. Saya memikirkan bagaimana caranya supaya saya dapat berpikir kembali. Saya menulis di setiap kolom koran yang membutuhkan tulisan saya. Sebisa mungkin saya paksa kepala saya untuk berpikir dan menulis apapun! Semacam esei sederhana, cerpen busuk, cerita bersambung, memoar, bahkan curhat di dalam blog pribadi. Semua itu saya lakukan semata-mata hanya untuk membiarkan otak saya tetap berada dalam kondisi stabil. Dan saat ini mungkin adalah puncaknya, karena saya sulit sekali untuk berpikir dan merangkai kata. Oh Tuhan.

Semua itu akhirnya terobati. Adalah sebuah situs bertajuk Kampung Fiksisebuah grup bernama Januari50K, dan sebuah grup rahasia bernama Le Chateau de Phantasm yang mengkhususkan diri dalam dunia tata tulis cerita fantasi, mencairkan otak beku saya perlahan-lahan. Saya lambat laun bisa kembali menulis. Mungkin memang hanya jadi tumpukan sampah saja di harddisk notebook saya, tapi itulah yang membuat saya tersenyum bahagia ketika mengingat letihnya pekerjaan saya sebagai robot gedeg di sebuah perusahaan IT yang cukup besar di Indonesia. Fiuh! 

logo resmi Januari50K

Januari50K adalah sebuah event yang akan saya ikuti--secara nekat--demi membantu saya supaya dapat tetap menulis. Mengapa nekat? Sesuai namanya, Januari50K adalah sebuah event kepenulisan yang mengharuskan setiap nekaders--begitulah mereka menyebut pesertanya--untuk menulis novel selama bulan Januari. Ya! Selama bulan Januari! Dan jumlah kata yang mereka tuliskan harus mencapai 50.000 kata! Oh, betapa nekatnya para nekaders yang mengikuti event ini. Mereka tidak hanya harus memeras otak selama sebulan, tapi mereka juga harus pandai merangkai kata selama sebulan, menjadikannya sebuah novel sebanyak 50.000 kata. 

Pertanyaannya adalah, apakah mungkin? Apakah bisa mencapai target? Bagaimana kalau di tengah jalan, saya harus menyerah karena mengalami fase yang dinamakan writer's block? Ah, semua pertanyaan itu muncul dalam benak saya, bahkan sebelum saya mulai untuk menulis. Event ini dimulai pada awal Januari, dan semua pertanyaan menyeramkan itu muncul dalam benak saya. Huhuuuu.

Intinya, saya bisa lega karena pada akhirnya, saya akan posting perkembangan tentang novel yang saya ikutsertakan dalam Januari50K secara berkala di dalam blog saya. Itu adalah keharusan dan syarat yang diberikan kampung fiksi. Novel yang diikutsertakan dalam Januari50K, harus di-post secara berkala, tergantung penulisnya mau per berapa periode (dengan catatan, masih dalam lingkup bulan Januari 2012), sampai mencapai 50.000 kata pada akhir Januari, yaitu sekitar tanggal 31 Januari 2012. Nantinya, penulis yang berhasil membereskan 50.000 kata dalam satu bulan, akan mendapatkan badges dari kampung fiksi berupa Win dan bagi yang belum berhasil membereskan 50.000 kata dalam sebulan, akan mendapatkan badges Oops! Nah, bagaimana? Kedua tipe badges itu adalah penulis yang menentukan. :)

19 comments:

  1. semoga berhasil dan dapat meraih kenekatannya hehehe

    ReplyDelete
  2. mungkin bisa...writer block bisa diatasi dengan membaca banyak, kalau mau menulis banyak imbangkan dengan itu,,,pengalaman saya sih begitu

    ReplyDelete
  3. @abayamin exit terima kasih. hmm, email saya sudah terima?

    ReplyDelete
  4. @kampung-puisi baca banyak, bisa nulis banyak. i know that, Pul. :)

    ReplyDelete
  5. Ikut menyimak artikelnya Gun :-)
    Silahkan mampir2 juga ke Web saya: Iklan Tanpa Daftar .

    Salam Outbound !

    ReplyDelete
  6. Menarik. Harus yakin dong, bisa. :D
    Atur waktu dengan baik dan efisien, maka gak ada yang namanya alasan sibuk. ;)

    ReplyDelete
  7. @Ayu Welirang

    sudah tp belum dikerjakan ... blm ada waktu bu thanks to share

    ReplyDelete
  8. Kalo aku doain insyaAllah bisa kok *emangnya aku nabi* hahaha good luck yah ^_^ doaku menyertaimu :p

    ReplyDelete
  9. benar ternyata yang ini.yakin gak ya ikutan -_-

    ReplyDelete
  10. Ayo semangat, Kakak! Good luck. :D

    ReplyDelete
  11. @Asop Konsistensi yes, yang penting. :D

    ReplyDelete
  12. @BasithKA Amin. Yang penting sih emang konsistensi menulis

    ReplyDelete
  13. Bisa, Ayu! Berjuang! v^O^v

    ReplyDelete
  14. @Della Ikutan Mbak! :D Ayooo berjuaaaang! Cayooooo!

    ReplyDelete