Tuesday, April 2, 2013

Lanskap Hijau Berpagar Alam

Mungkin yang dibutuhkan saat ini cuma ketenangan. Hidup selalu berputar, dalam rasa pahit, getir, sebelum akhirnya menuju manis. Mungkin yang saat ini dibutuhkan hanya duduk bersandar pada pundak-pundak pejalan yang sama-sama lelah, atau duduk tenang di tepian dataran berpagar hijau, semacam perenungan yang tak kunjung selesai. Tuhan cukup mengerti bahwa manusia bumi sekarat, mudah menyerah pada hidup, sehingga Tuhan titipkan sedikit surga pada bumi-Nya agar para manusia bisa sejenak mengingat tentang tasbih-tasbih makhluk-Nya selain kita, manusia...



Pendakian memang bukan hal yang benar-benar mudah. Sadar bahwa alam bisa menjadi eksotisme sekaligus ancaman bagi mereka yang pongah. Sadar pula bahwa di balik indah, tentu tersemat resiko pada masing-masing individu yang melakukan sebuah perjalanan. Bukan hanya berjalan dalam rangka menghabiskan hari untuk menikmati keindahan semesta, tetapi juga perjalanan untuk menaklukkan sendiri keegoisan hati yang kadang tak terlihat dalam hidup sehari-hari. 

Menuju Kawah Marapi ini dapat ditempuh dengan pendakian selama 5 sampai 7 jam sampai Top Dempo, sebelum akhirnya menuruni gunung menuju lembahan bernama Pelataran, sekitar lima belas menit saja. Dari Pelataran, lanjutkan dengan tracking ringan dan semua lelah kita akan terbayar. Kalau sedang cerah, pemandangan yang disuguhkan bumi Andalas, luar biasa indahnya. Ada perbukitan, jajaran pegunungan Bukit Barisan juga laut di sebelah barat sana. Penjelasan lengkap perjalanannya sudah pernah saya bahas pada posting sebelumnya, di sini.

Saya sulit berkata, karena hanya mata yang bisa bicara. Ya mungkin ada sedikit ceceran foto yang bisa menjawab semuanya. Kalau sempat, silakan mampir saja ke sana. Jangan lupa siapkan peralatan pendukung dan juga fisik, karena rata-rata pegunungan di Sumatera didominasi oleh hutan basah. Siapkan juga jas hujan teman-teman sekalian, karena kemungkinan akan menemui hujan di tengah pendakian.

Salam jelajah! :D

duduk di bibir kawah, semacam renungan pada angin pagi
menikmati lingkung gunung Sumatera
di sana ada laut tepi Bengkulu :D
mejeng \m/ 

Bukankah hijau dan warna-warna selalu menenangkan? :)

lokasi: Gunung Dempo, Pagar Alam, Palembang
tanggal: 28 - 31 Maret 2013

6 comments:

  1. setuju,,, melihat pemandangan yg hijau itu menenangkan.. damaaiii gitu kyknya, hihi...

    ReplyDelete
  2. I can read this ... but beautiful pictures : o )

    ReplyDelete
  3. @Ed @ Lexicolatryweeehh... where are you come from? come on, visit Indonesia. :D

    ReplyDelete
  4. waw.. tempatnya keren :)

    ReplyDelete